Cara Membuat Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Sekolah


TOGA
, Juwiter...!!! Secara umum, Tanaman Obat Keluarga (Toga) adalah sejenis taman atau lokasi tanam khusus  yang dibudidayakan di pekarangan rumah.  Dalam Konsep Kelompok Studi dan Ekstrakurikuler Juwiter, Toga tak mesti hanya di pekarangan rumah.

Namun, Pembuatan Toga semestinya harus di dorong untuk bisa dibudidayakan di Sekolah. Karena rata-rata sekolah memiliki lahan kosong. Kecuali di sekolah kota. 

Namun, karena Budidaya Toga di Sekolah dalam konsep Juwiter masuk dalam Perpustakaan Alam, maka pengembangan Toga tak mesti di lahan kosong. Di pinggiran taman kelas, dengan pola polybag juga bisa.

Perpustakaan Alam adalah nama program secara umum dalam Juwiter.  Konsepnya adalah “Kemana mata memandang, Disana Bacaan Terpampang”. Maksudnya, sekolah juga harus mampu menjalin kerjasama untuk mengalahkan iklan Narkoba dan Seks yang sangat berbahaya dan sering diadopsi secara otodidak oleh anak.

Diantara upaya yang penting dilakukan adalah dengan cara meningkatkan iklan-iklan layanan masyarakat terkait promosi kesehatan (Mading, Poster, Leaflet, dsb) serta memperbanyak aktifitas positif anak seperti ekstrakurikuler dan sebagainya. Jangan hanya duduk terkutat dalam kelas yang bisa menyebabkan penyakit ambyen.   

Hanya saja sejauh mana sang menejer di sekolah peduli akan hal tersebut. Karena, harapan kita, di masa depan sekolah bisa terpacu menetapkan kebijakan sekolah sehat, lingkungan lestari, sebagai bentuk doa untuk keberkahan ilmu, rizki dan alam.

Pengembangan Toga di Sekolah pernah di coba di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Keruak Lombok Timur dalam program sekolah Adiwiyata.  Penting diketahui bahwa lokasi percobaan ini memiliki ciri – ciri sebagai berikut
  • Sekolah dengan siswa paling sedikit, otomatis dana BOSnya juga sedikit
  • Siapapun yang pindah ke sekolah ini, asumsinya adalah guru buangan.
  • Semua tau kan jika Keruak itu, agak familiar dengan airnya yang lumayan langka
Namun sekolah ini mampu dengan segala keterbatasannya. Tapi bukan itu yang akan menjadi pembahasan, melainkan cara membuat Tanaman Obat Keluarga di Sekolah dalam Program Kelompok Studi dan Ekstrakurikuler Jurnalisme Adiwiyata Bermitra (Juwiter).

Singkatnya, pada dasarnya tidak ada alasan bagi sekolah untuk tidak memperhatikan kesehatan lingkungan.

Cara Membuat Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Sekolah

Cara Membuat Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Sekolah cukup sederhana diantaranya
  • Siapkan lahannya
  • Lahan Toga harus siap diolah
  • Tetapkan pengurus khusus Toga di Sekolah
  • Siapkan bibit tanaman obat keluarga
  • Pelihara dengan rutin
Cara lainnya akan ditemukana apabila Sob sudah mulai. Jika belum, agak sulit sih, karena taman obat keluarganya g bakal jadi-jadi.